Mengapa Arsitek Bertanggung Jawab dalam Mewujudkan Sebuah Rumah yang Sehat?

rumah yang sehat

Kita tahu bahwa rumah adalah bagian dari kehidupan setiap manusia. Segala interaksi manusia dimana pun selalu berhubungan dengan rumah. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, www.manfaatbuahbuahan.com akan dibahas mengenai mengapa kualitas sebuah rumah yang sehat tergantung dari desainnya.

Perlu disimak disini bahwa sebuah rumah yang sehat dapat dikatakan sehat apabila rumah tersebut tidak hanya memberi hal positif terhadap penghuninya, baik dari segi fisik bangunannya maupun interior di dalamnya, tapi juga segala hal yang berhubungan dengan kesehatan manusia. Seluruh elemen dan infrastruktur yang bertalian tersebut sudah jelas memenuhi kebutuhan para penghuni rumah sehingga dapat memberikan efek kesehatan bagi setiap anggota yang berada di dalam rumah itu. Dan sekarang yang perlu ditanyakan adalah, apakah rumah anda sudah memberi jaminan kesehatan bagi Anda dan keluarga Anda?

Saran Arsitek dalam Mewujudkan Rumah yang Sehat

Bila kita bicara desain rumah maka tidak lepas dari peran arsitek sebagai profesional yang membidangi masalah ini. Salah satu konsultan arsitek yang cukup dikenal profesional dan murah dalam biaya jasa desainnya adalah Arsitek Online yang contoh gambar rumahnya bisa Anda unduh gratis pada link ini arsitek dan dapat Anda terapkan pada konsep desain rumah Anda secara bebas. Arsitek Online ini juga memberikan layanan konsultasi gratis bagi siapa pun yang sekedar ingin bertanya perihal rumah dan bangunan lainnya.

Menurut arsitek online, desain rumah yang sehat itu tidak selalu identik dengan bangunan yang megah dan luas saja, namun lebih tertuju kepada nilai kenyamanan dan keamanan. Ciri-ciri rumah yang dikatakan sehat itu sebenarnya bukan suatu hal yang sulit untuk diketahui. Bila rumah itu memenuhi point-point dasar dalam sebuah konsep desain bangunan hal ini sudah bisa dikatakan memiliki konsep rumah yang sehat.

Untuk urusan rumah yang sehat, juga harus berkaitan dengan urusan lingkungan yang asri dan alami. Oleh sebab itulah maka masalah amdal atau singkatan dari Analisa Dampak Lingkungan, yang mengatur proses fisik dari setiap bangunan harus dikaji terlebih dahulu, sehingga kehadiran rumah tersebut jelas berdampak baik terhadap lingkungan di sekitarnya. Pada akhirnya, Amdal akan memberikan kenyamanan dan kesehatan bagi rumah beserta seluruh penghuninya.

Sekarang timbul pertanyaan, apa-apa yang perlu diperhatikan saat membangun sebuah rumah agar dapat menjaga kesehatan penghuninya? Berikut poin-poinnya yang perlu diperhatikan:

1. Cross Ventilation atau Sirkulasi Udara

Desain rumah oleh seorang arsitek akan selalu menomorsatukan masalah ini, yakni terjadinya sirkulasi udara yang baik di dalam rumah. Kenapa demikian? karena dengan sirkulasi udara yang baik maka rumah terhidari dari kelembaban dan ruang yang pengap. Ini menjadi faktor utama dalam menjaga kesehatan sebuah rumah.

2. Sumber Pencahayaan yang Maksimal

Arsitek juga biasanya memperhatikan urusan pencahayaan ini. Pencahayaan selalu harus ada dalam setiap ruang di dalam rumah. Jangan sampai pada siang hari, ruang dalah rumah harus menyalakan lampu, ini tentu tidak baik. Itu artinya ada yang salah pada konsep desain yang diterapkan si arsitek saat mendesain rumah tersebut. Rumah yang mendapat pencahayaan yang baik akan terhidar dari berkembangnya bakteri dan virus yang bisa membahayakan penghuni rumah. Hal ini karena bakteri dan virus akan mati bila terkena matahari langsung. Oleh sebab itu, arsitek harus mampu memaksimalkan masuknya cahaya matahari dalam rumah sehingga dapat menyinari seluruh bagian dari bangunan rumah tersebut.

3. Instalasi Air Kotor yang Lancar

Seringkali pipa air kotor yang berada di dalam rumah bocor dan mampet. Ini tentu tidak baik bagi kesehatan sebuah rumah.  Apalagi bila limbah yang dihasilkan langsung masuk ke dalam rumah, ini tentu tidak baik bagi kesehatan.

4. Sumber Air Bersih yang Steril

Hal ini juga ada hubungannya dengan terjaminnya pipa air kotor yang diterangkan pada poin nomor tiga di atas. Sumber air bersih, baik itu untuk minum maupun MCK harus terjamin steril agar bisa diwujudkan sebuah rumah yang sehat. Dan peran arsitek juga diperlukan dalam mendesainnya.

5. Terjaga dari Sampah Rumah Tangga

Dan yang terakhir adalah masalah sampah. Ini mungkin kita anggap sepele, tapi faktor ini juga memberi peran besar dalam mewujudkan sebuah rumah yang sehat bagi seluruh penghuninya.

Semoga kelima unsur yang tertera di atas dapat kita terapkan bagi rumah kita yang sehat, sehingga dampak negatifnya bisa diminimalisir dan penghuni rumah selalu sehat dan bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *