15 Manfaat Buah Bit yang Harus Kamu Ketahui

manfaat buah bit

Buah Bit adalah salah satu buah yang mungkin belum dikenal secara luas oleh masyarakat. Kamu yang baru mendengar nama buah ini mungkin sedikit penasaran sehingga mencari tahu mengenai apa saja manfaat buah Bit. Buah Bit atau Ubi Bit Merah (beetroot) merupakan salah satu sayuran yang cukup terkenal terutama di daerah Amerika Utara dan Eropa Timur. Ya, buah Bit merupakan sayuran yang seringkali dikira buah. Buah Bit diklasifikasikan ke dalam kelas Beta vulgaris dan subspecies group vulgaris Conditiva karena berwarna merah dengan kadar keunguan yang sangat kuat.

Pada postingan kali ini di www.manfaatbuahbuahan.com, saya akan membahas secara lengkap dan tuntas mengenai 15 manfaat buah Bit bagi kesehatan yang tidak hanya berperan penting untuk menjaga kecantikan, meningkatkan kesuburan dan mencegah kanker, tetapi juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan bayinya. Berikut ini akan disajikan dalam bentuk tabel nutrisi alami yang terkandung dalam buah Bit setiap 100 gram-nya.

Bit
Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz)
Energi 180 kJ (43 kcal)
Karbohidrat 9.96 g
– Gula 7.96 g
– Serat pangan 2.0 g
Lemak .18 g
Protein 1.68 g
Vitamin A equiv. 2 μg (0%)
Tiamina (Vit. B1) .031 mg (2%)
Riboflavin (Vit. B2) .027 mg (2%)
Niasin (Vit. B3) .331 mg (2%)
Asam Pantotenat (B5) .145 mg (3%)
Vitamin B6 .067 mg (5%)
Folat (Vit. B9) 80 μg (20%)
Vitamin C 3.6 mg (6%)
Kalsium 16 mg (2%)
Besi .79 mg (6%)
Magnesium 23 mg (6%)
Mangan 0.3 mg (15%)
Fosfor 38 mg (5%)
Kalium 305 mg (6%)
Natrium 77 mg (3%)
Zink .35 mg (4%)
Persentase merujuk kepada rekomendasi Amerika Serikat untuk dewasa.
Sumber: Data Nutrisi USDA

Nah, banyak sekali bukan? Kandungan nutrisi alami yang dimiliki oleh buah Bit mampu memberikan tubuh kamu manfaat yang luar biasa. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat menyimak ulasan lengkap mengenai manfaat buah Bit berikut ini.

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Pewarna makanan alami

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa buah Bit merupakan buah yang berwarna merah dengan kadar keunguan yang sangat kuat. Buah Bit sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai pewarna makanan alami. Bila dibandingkan dengan pewarna buatan, pewarna yang diolah dengan bahan dasar buah Bit tentunya sangat baik bagi kesehatan karena kealamiannya.

Pengolahan buah Bit sebagai pewarna makanan dapat dilakukan dengan mudah. Pertama-tama kupas buah Bit dan potonglah sehingga berbentuk dadu. Setelah itu, masukkan potongan buah Bit ke dalam blender dan tambahkan sedikit air lalu haluskan dengan blender tersebut. Saringlah buah Bit yang sudah dihaluskan tersebut untuk mendapatkan sarinya dan kamu sudah bisa menggunakannya sebagai pewarna merah pada makanan.

2. Mencegah penuaan dini

Manfaat buah Bit untuk kecantikan juga sangat bervariasi. Abis makan buah Bit? Jangan buang ampasnya. Ampas buah Bit hasil penyaringan yang telah dibahas sebelumnya, dapat digunakan sebagai masker wajah. Zat anti inflamasi dan kandungan antioksidannya yang tinggi bermanfaat untuk menghilangkan kulit kusam, mengatasi masalah jerawat hingga mencegah penuaan dini.

3. Mencegah kanker

Para ahli percaya bahwa kandungan betacyanin yang terdapat dalam buah Bit mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Walaupun begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk dapat mendukung pernyataan para ahli mengenai manfaat buah Bit untuk kanker.

Buah lain yang baik untuk mencegah kanker.

4. Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang kurang lancar dapat disebabkan karena konsumsi makanan instan dan makanan-makanan yang kurang mengandung serat alami. Hal tersebut tentu saja sangat mengganggu aktivitas kamu sehari-hari.

Seperti halnya buah Pisang, buah Bit juga mengandung serat tinggi yang mampu membantu mencegah konstipasi dan melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi buah Bit dalam jumlah yang disarankan sangat baik bagi kesehatan pencernaan secara alami.

Buah lain yang baik untuk melancarkan pencernaan.

5. Mengurangi risiko serangan jantung

Serangan jantung merupakan salah satu penyakit mematikan nomor satu di dunia. Pola hidup yang kurang sehat dan makanan-makanan tidak sehat yang mengandung kolesterol jahat merupakan penyebab utama dari munculnya penyakit ini.

Buah Bit mengandung pigmen merah betacyanin yang diduga berperan penting dalam mengurangi resiko serangan jantung. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk dapat mendukung pernyataan tersebut.

Buah lain yang baik untuk mengurangi risiko serangan jantung.

Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil

manfaat buah bit untuk ibu hamil

6. Menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh ibu hamil

Selama masa kehamilan, ibu hamil sangat rentan untuk terjangkit berbagai macam penyakit jika sistem kekebalan tubuhnya tidak dijaga dengan baik. Oleh karena itu, buah Bit merupakan pilihan yang tepat untuk melaksanakan tugas tersebut. Kandungan Vitamin C yang terdapat dalam buah Bit bermanfaat dalam menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil sehingga mampu menjaga ibu hamil dari serangan virus dan bakteri penyebab berbagai jenis penyakit.

7. Mencegah Anemia

Suplai darah yang cukup sangat penting bagi ibu hamil selama masa kehamilan. Kurangnya suplai darah dalam tubuh ibu hamil dapat menyebabkan kelelahan dan dapat mengganggu kesehatan calon buah hati.

Mengkonsumsi jus buah Bit secara teratur dengan dosis yang tepat, dapat membantu mencegah ibu hamil terkena Anemia. Zat besi sebesar 4 persen yang terkandung dalam buah Bit mampu membantu menstabilkan sel darah merah dalam tubuh ibu hamil.

8. Menjaga stamina

Ibu hamil sangat rentan mengalami kelelahan terutama pada masa kehamilannya. Kelelahan yang berlangsung secara terus-menerus tentunya akan mengganggu pertumbuhan janin dalam kandungannya.

Kandungan vitamin dan mineral yang lengkap dalam buah Bit berperan penting dalam menjaga stamina dan mencegah kelelahan bagi ibu hamil akibat rutinitas sehari-hari.

9. Mencegah gejala Diabetes Gestasional

Diabetes Gestasional merupakan salah satu sub-tipe dari Diabetes Melitus. Diabetes Gestasional ini dikatakan terjadi ketika seorang wanita yang tidak pernah didiagnosis menderita Diabetes, tetapi mengalami peningkatan kadar gula darah yang tinggi dalam masa kehamilan. Gejala ini sebenarnya akan pulih setelah melahirkan.

Banyak orang yang beranggapan bahwa gejala peningkatan gula darah selama masa kehamilan adalah hal yang normal. Namun, penanganan yang baik sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak inginkan terutama pada ibu hamil dan calon buah hatinya. Selain itu, diet bagi penderita Diabetes Gestasional yang secara temporer dialami oleh ibu hamil tidak boleh dianggap enteng dan harus dilakukan dengan baik.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah gejala Diabetes Gestasional adalah konsumsi buah Bit dengan dosis yang tepat dan pola yang teratur. Kamu dapat mengkonsultasikan dosis dan pola yang tepat dalam mengkonsumsi buah Bit dengan dokter ataupun pakar yang terkait.

Buah lain yang baik untuk ibu hamil.

Manfaat Buah Bit untuk Bayi

buah bit untuk bayi

10. Mempercepat pertumbuhan tulang dan gigi

Tidak hanya bermanfaat untuk ibu hamil, buah Bit juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan bayi. Buah Bit mengandung senyawa bermanfaat seperti kalsium dan fosfor yang berperan dalam mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

11. Mencegah Anemia

Tidak hanya orang dewasa, bayi juga dapat mengalami yang disebut dengan Anemia. Berdasarkan penelitian, dari 10 bayi dan balita yang menderita Anemia 7 diantaranya meninggal dunia. Walaupun Anemia pada bayi sangat jarang terjadi, tidak ada salahnya melakukan pencegahan dengan memberikan konsumsi buah Bit untuk Anemia pada bayi dan balita. Tentunya dengan dosis dan pola yang tepat.

12. Mencegah radang, iritasi dan alergi

Selain mencegah Anemia, buah Bit juga mengandung zat anti-inflamasi yang efektif untuk mencegah terjadinya radang, iritasi dan alergi yang disebabkan oleh kuman dan bakteri. Buah Bit yang sakti ini dapat kamu percaya untuk menjadi benteng yang kuat dalam menjaga si kecil terserang berbagai penyakit akibat virus dan bakteri di sekitarnya.

13. Meningkatkan kemampuan otak

Asam folat memiliki peranan penting dalam mendukung kemampuan kognitif terutama dalam masa pertumbuhan bayi. Asam folat sebesar 20 persen yang terkandung dalam buah Bit mampu meningkatkan kemampuan otak bayi secara signifikan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah Bit secara teratur dan dengan dosis yang tepat sesuai dengan anjuran para ahli.

14. Menjaga fungsi penglihatan

Penglihatan yang baik pada bayi dan balita merupakan hal yang penting dalam masa pertumbuhannya. Perkembangan otak dan fungsi psikomotoriknya sangat bergantung pada mata yang sehat. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah Bit secara teratur dapat membantu memberikan nutrisi pada mata bayi untuk tetap dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

15. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bayi dan balita memiliki tubuh yang masih rentan terhadap berbagai kuman penyebab penyakit. Untuk dapat mencegah bayi dan balita terjangkit berbagai penyakit, kamu dapat memberikan mereka buah Bit. Kandungannya yang kaya akan Vitamin C sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil.

Jangan lupa untuk mengkonsultasikan dosis dan pola konsumsi yang tepat kepada pakar yang kamu percaya terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Demikian informasi dan ulasan lengkap mengenai manfaat buah Bit bagi kesehatan dan kecantikan, ibu hamil dan juga bayi. Semoga informasi di atas bermanfaat dan mampu memberikan inspirasi bagi kamu untuk melakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi buah buahan secara teratur setiap hari.

Sudahkah kamu mengkonsumsi buah-buahan hari ini? Bagaimana khasiatnya terhadap tubuh kamu? Bagikan pengalaman kamu selama mengkonsumsi buah-buahan sehat pada kolom komentar di bawah postingan ini.

Subscribe dan dapatkan update berbagai artikel menarik seputar manfaat buah buahan setiap hari di situs ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *