11 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Ibu Hamil

manfaat buah alpukat untuk ibu hamil

Bagi kamu yang saat ini sedang ‘menyandang’ status ibu hamil, sangat disarankan untuk mendapatkan berbagai vitamin dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi untuk kesehatan kamu dan calon buah hati kamu. Betapa tidak, dewasa ini banyak sekali ibu hamil yang ‘kurang’ memperhatikan gizi yang dibutuhkan baik untuk dirinya maupun bagi calon buah hatinya sehingga sering kali terjadi hal-hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan kelahiran sang calon buah hati. Oleh karena hal tersebut, pada postingan kali ini kita akan membahas tentang manfaat dan khasiat salah satu buah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita yaitu buah Alpukat. Postingan ini akan dirangkum secara khusus untuk membahas mengenai manfaat buah Alpukat untuk ibu hamil. Jadi, apa manfaat buah Alpukat untuk kesehatan ibu hamil? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

manfaat buah alpukat untuk kesehatan

11 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil dan Calon Buah Hati

1. Membantu perkembangan sumsum tulang belakang

Tidak hanya membantu pembentukan gigi, asam folat yang terkandung dalam buah Alpukat juga dapat membantu perkembangan sumsung tulang belakang pada calon bayi. Kurangnya asupan asam folat selama masa kehamilan, dapat mengakibatkan kelumpuhan, kerusakan otak, maupun keguguran. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi buah Alpukat secara rutin selama masa kehamilan.

2. Mencegah Anemia

Kandungan nutrisi alami yang dimiliki oleh buah Alpukat merangsang tubuh untuk menghasilkan keping darah sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan tubuh. Hal ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk terhindar dari Anemia selama masa kehamilan. Kemampuan mencegah Anemia ini juga dikarenakan Alpukat mengandung zat besi yang tinggi.

Buah ini juga baik untuk mencegah Anemia.

3. Mengatasi kram

Keterbatasan ibu hamil dalam bergerak sering kali menyebabkan kram. Kaki dan tangan ibu hamil merupakan daerah yang sering kali mengalami kram selama proses kehamilan. Kandungan potasium yang terdapat dalam buah Alpukat bermanfaat bagi ibu hamil untuk membantu mengatasi kram maupun nyeri selama masa kehamilan.

4. Mencegah terjadinya komplikasi

Manfaat buah Alpukat untuk ibu hamil berikutnya adalah untuk mencegah terjadinya komplikasi. Ibu hamil kerap mengalami kelelahan, stres, dan anemia yang bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius. Mengkonsumsi buah Alpukat secara rutin selama masa kehamilan merupakan salah satu cara mengatasi stres saat hamil dan dapat menghindarkan kamu dari berbagai komplikasi penyakit yang tidak diinginkan.

5. Sumber kalsium

Kandungan kalsium sebanyak 1 gram per 100 gram yang dimiliki buah Alpukat sangat dibutuhkan ibu hamil sebagai sumber kalsium yang sangat sehat. Selain susu, buah Alpukat merupakan salah satu sumber kalsium yang bisa didapatkan oleh ibu hamil.

6. Jus Alpukat untuk ibu hamil dapat membuat cepat kenyang

jus alpukat untuk ibu hamil

Asam oleat yang terkandung dalam buah Alpukat membuat ibu hamil lebih cepat kenyang. Selain itu, bila dibandingkan dengan lemak jenuh yang terdapat pada makanan olahan, lemak tak jenuh yang terdapat pada buah Alpukat lebih bermanfaat selama masa kehamilan. Coba blender buah Alpukat dan konsumsi jus Alpukat secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

7. Melindungi penglihatan ibu hamil

Lutein merupakan zat yang berkhasiat untuk mencegah dan memperbaiki gangguan penglihatan. Pada saat lahir, manusia memang memiliki lutein di matanya. Namun, tubuh manusia tidak mereproduksi zat tersebut. Oleh karena itu, kita perlu mendapatkan lutein dari buah dan sayuran untuk melindungi penglihatan kita. Salah satu buah yang mengandung lutein adalah buah Alpukat. Nah, bagi kamu yang sedang dalam masa kehamilan, jangan lupa untuk secara rutin mengkonsumsi buah Alpukat agar mendapatkan lutein yang kamu perlukan untuk melindungi penglihatan kamu baik dalam masa kehamilan maupun setelah melahirkan.

8. Meningkatkan kesehatan otak

Alpukat memiliki segudang menfaat yang baik tidak hanya bagi ibu hamil tetapi juga bagi si calon bayi. Kandungan omega 3 yang terdapat pada buah Alpukat mampu meningkatkan kecerdasan otak calon bayi sejak dalam kandungan.

Buah ini juga baik untuk meningkatkan kesehatan otak.

9. Membantu pembentukan gigi calon bayi

Selain bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak, buah Alpukat juga mengandung asam folat yang sangat baik dalam membantu pembentukan gigi calon bayi. Asam folat yang terkandung dalam buah Alpukat mampu mencegah keterlambatan tanggalnya gigi susu setelah calon bayi lahir.

10. Meningkatkan kemampuan menyerap nutrisi

Mengkonsumsi buah Alpukat secara rutin selama masa kehamilan membantu ibu hamil untuk dapat menyerap nutrisi dari bahan makanan secara lebih baik. Kandungan beta-karoten pada Alpukat-lah yang membantu penyerapan nutrisi pada tubuh ibu hamil secara lebih baik. Mengapa kemampuan menyerap nutrisi pada ibu hamil sangat penting? Hal ini disebabkan karena penyerapan nutrisi pada tubuh ibu hamil tidak hanya berdampak pada kesehatannya tetapi juga berdampak pada kesehatan dan perkembangan sang calon buah hati.

11. Menurunkan gula dan kolesterol

Kadar gula dan kolesterol yang terdapat dalam berbagai makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil, dapat dinetralisir dengan mengkonsumsi buah Alpukat. Kandungannya yang kaya akan vitamin, membantu ibu hamil terhindar dari gejala gula dan kolesterol yang tinggi.

Demikian informasi dan ulasan lengkap mengenai manfaat buah Alpukat untuk ibu hamil. Setelah sang calon buah hati kamu lahir, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi buah Alpukat karena manfaatnya tidak hanya baik untuk ibu hamil tetapi juga untuk ibu menyusui.

Apakah kamu sedang hamil? Sudahkah kamu mengkonsumsi buah Alpukat hari ini? Apa saja manfaat yang kamu rasakan setelah mengkonsumsi buah Alpukat secara rutin? Yuk, share dan bagikan pengalamanmu di kolom komentar di bawah postingan ini.

Temukan informasi manfaat buah buahan terlengkap di situs ini dan jangan lupa untuk subscribe dan membaca artikel lain pada situs ini dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *